Andika Saputra. Diberdayakan oleh Blogger.

Apa itu database ?

Apa sih itu database? Mungkin pertanyaan itu pernah tersirat di dalam pikiran Anda. Jika iya, mari kita pahami sekilas tentang apa itu database.

Basis data (atau database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut (http://id.wikipedia.org/wiki/Database). Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam sebuah sistem (komputer).
Dalam sebuah database dikenal yang namanya DBMS dan RDBMS.

DBMS (Database Management System) merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada. Sedangkan RDBMS (Relationship Database Management System) merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel.

Berikut adalah beberapa macam DBMS.
DB2 - http://www-306.ibm.com/software/data/db2/
Microsoft SQL Server - http://www.microsoft.com/sql/
Oracle - http://www.oracle.com
Sybase - http://www.sybase.com/
Interbase - http://www.borland.com/interbase
Teradata - http://www.teradata.com/
Firebird - http://www.firebirdsql.org/
MySQL – http://www.mysql.com
PostgreSQL - http://www.postgresql.org/

Hierarki DBMS




Table
Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.

Field
Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.

Record
Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.

Key
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.

Mungkin cuma itu yang bisa sampaikan untuk Anda yang ingin mengerti apa itu database. Semoga bermanfaat, terima kasih.